Tuesday, April 06, 2010

mama ..

hmm .. oke gue memang ngga cocok sm nyokap gue. dari kecil gue lebih deket sm nenek. dan nyokap juga pindah duluan ke jawa sedangkan gue dijakarta. kalo ditanya sm guru2 emg gak kangen sm nyokap jauh begini? gue jawabnya nggak, bahkan ketemu setaun sekali pun gue gak berasa kangen. kejam? haha ya begitulah rasanya. bukan salah gue sepenuhnya dong kalo jd kayak gini. abis nyokap sensi bgt nganggep gue kayak saingan gtu. weleh-weleh. its ok. kita gak bisa selamanya berharap apa yg kita bayangkan jadi kenyataan. misalnya aja pengen deh kayak keluarga itu, harmonis bgt, kaya bgt, rame bgt, dan blablabla. atau gue pengen deh punya ibu kayak gtu, punya ayah  kayak gtu. masing2 kita udah dikasih porsinya, baik cobaan atau kebahagiaan. sama halnya dengan rumah tangga. setiap RT ada ujiannya atau bumbunya masing2..
but now, gue merasakan dan jadi tau kenapa nyokap selama ini bersikap kayak gini. kenapa nyokap sering sensi. well gue tau betapa banyak beban yang coba dia tahan sendirian. kenapa sendirian? ya krn nyokap jrg cerita sm nenek gue (mertua) ataupun curhat kekeluarganya. ya logikanya lo udh dewasa , lo udh nikah, jd ya kalo ada masalah diselesaikan sendiri jangan main minggat atau pulang kerumah orgtua dan berbagai alasan lainnya. dan gak mungkin kan masalah rumah tangga diceritain ke org lain kecuali lo bener2 punya sahabat dekat. tp gue liat nyokap ga punya yg namanya temen hangout. nyokap cuma kerja dan kerja. ikut arisan aja jarang. baru2 ini aja selama pindah ke jawa dan tinggal dirumahnya sendiri. aahh banyak bgt deh masalah di dalam RT. belum masalah sama pasangan doang, blm masalah sama keluarga besar dll..

intinya yg mau gue maksudkan itu adalah sejauh2nya gue sm nyokap, se-tidak cocoknya gue sm nyokap gue ngga pernah tuh ngomel2 trs ngatain dia taik atau anjing. nah gue risih abis ngeliat anak jaman sekarang trmasuk temen SMA gue (co) kalo masang status tuh ngomongnya kasar mulu cuma gara2 nyokap nya bawel ngomongnya pke taik coba? astagfirullah ..

hei hei jadi orangtua itu ngga gampang apalagi jd ibu. banyak kan ibu2 skrg yg ikut kerja buat bantuin suaminya cari duit. nah jadi dobel coba capeknya ? tapi kadang kita gak bener2 ngehargai itu. hal yg paling gampang itu adalah dengan tidak membuat "masalah" yg kemudian jd pikiran orgtua. klo sekiranya bikin bangga ortu msh susah ya minimal lakuin yg td itu aja deh. dan gue menyesal bgt bgt bgt skrg. rasanya tiap kali gue ngerasa capek ngurusin syila gue jadi kebayang betapa capeknya juga nyokap ngebesarin gue. hiks

yakin deh seberapapun usaha lo , jasa dan pengorbanan ibu atau ayah tak akan pernah terbalaskan secara setimpal. cuma doa anak2nya yg sholeh yg bisa menjanjikan orgtua masuk surga :)

1 comment: